Peta Penyebaran Umat Islam di Dunia Menurut Riset Pew Forum


Pew Research Center’s Forum on Religion & Public Life baru-baru ini melakukan studi pemetaan tentang penyebaran umat Islam di seluruh dunia. Hasil studi itu itu dituangkan dalam laporan bertajuk “Mapping the Global Muslim Population: A Report on the Size and Distribution of the World’s Muslim Population.”

Menurut hasil studi yang dilakukan di 232 negara di dunia, jumlah umat Islam di seluruh dunia saat ini sekitar 1,57 miliar orang, dari semua usia. Jumlah itu mewakili 23 persen total penduduk dunia yang jumlahnya mencapai 6,8 miliar jiwa sampai tahun 2009.

Hasil studi itu juga menemukan fakta bahwa umat Islam bisa ditemui di hampir seluruh lima benua. 60 persen dari jumlah Muslim sedunia berada di kawasan Asia dan 20 persen berada di Timur Tengah serta Afrika Utara. Meski demikian, kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara adalah wilayah yang paling banyak memiliki negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Lebih dari 300 juta Muslim atau sekitat seperlima dari populasi Muslim sedunia, tinggal di negara-negara dimana Islam bukan agama mayoritas. Tetapi populasi Muslim di negara-negara non-Muslim ini jumlahnya cenderung besar. Negara India misalnya, jumlah Muslim di India adalah ketiga terbesar di dunia. Populasi Muslim di China lebih besar dibandingkan di Suriah. Begitu pula di Rusia, populasi Muslim di negara ini lebih besar dibandingkan di Yordania dan Libya.

Dari seluruh populasi Muslim, 10-13 persen adalah Muslim Syiah dan 87-90 persen adalah Muslim Sunni. Muslim Syiah dalam jumlah besar, 68 dan 80 persen hanya ditemui di empat negara; Iran, Pakistan, India dan Irak.

Dalam risetnya, Pew Forum bekerjasama dan berkonsultasi dengan hampir 50 orang pakar demografi dan pakar ilmu sosial di universitas dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia. Mereka menganalisa sekitar 1.500 sumber data, termasuk laporan-laporan sensus penduduk, studi demografi dan survei-survei kependudukan.

Untuk tahun 2010, Pew Forum akan merilis hasil studinya tentang tingkat pertumbuhan populasi Muslim dunia berdasarkan hasil temuan studi pemetaan ini. (ln/isc/PW/eramuslim)

2 responses to “Peta Penyebaran Umat Islam di Dunia Menurut Riset Pew Forum

  1. Sayangnya Islam di Indonesia hanya kuantitas yg besar tapi kualitasnya:D
    Mari kita tingkatkan
    salam kenal

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s