Hasil Drawing Final Piala Dunia 2010 Brazil-Portugal di Grup Berat


CAPE TOWN – Juara dunia lima kali Brazil bakal bertarung melawan Portugal pada putaran final Piala Dunia 2010, Afrika Selatan (Afsel). Hasil drawing di Cape Town, Afsel, dini hari tadi menempatkan dua negara itu di grup G. Selain Brazil dan Portugal, grup ini juga dihuni Korea Utara (Korut) dan Pantai Gading.

Duel antara Brazil melawan Portugal bakal menarik perhatian public. Itu karena kedua tim sama-sama memperkenalkan sepak bola indah. Kalau Brazil dijuluki Samba, Portugal adalah Samba-nya Eropa.

Pantai Gading juga tak bisa dipandang remeh. Didier Drogba dkk melewati kualifikasi dengan mulus sebelum akhirnya menggenggam tiket ke putaran final. Di atas kertas, Korut adalah tim terlemah di grup G.

Di grup A, tuan rumah Afsel mendapatkan lawan yang tidak mudah. Yakni Meksiko, Uruguay, dan Prancis. Dua nama terakhir pernah menyandang predikat sebagai juara dunia. Sementara Meksiko memiliki prestasi lumayan di Piala Dunia.

Sebagai even sepak bola terbesar di muka bumi, kurang lengkap bila Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel) tidak menyediakan prize money selangit. Sebagaimana dirilis FIFA kemarin (4/12), prize money Piala Dunia mencapai USD 240 juta atau sekitar Rp 3,95 triliun dengan kurs USD 1 = Rp 9.407. Nominal itu meningkat 60 persen jika dibandingkan dengan Piala Dunia 2006 di Jerman.

Seperti dikatakan Sekjen FIFA Jerome Valcke, juara Piala Dunia mendapat hadiah USD 30 juta (sekitar Rp 282 miliar), runner-up kebagian USD 24 juta (sekitar Rp 225 miliar), semifinalis USD 20 juta (sekitar Rp 188 miliar), dan perempat finalis USD 18 juta (sekitar Rp 169 miliar).

Tim yang gagal di fase grup tak perlu berkecil hati. FIFA menyediakan USD 8 juta (sekitar Rp 75 miliar). Itu pun belum termasuk USD 1 juta yang diberikan FIFA kepada 32 kontestan sebelum kickoff Piala Dunia.

”Kami menyebutnya sebagai biaya persiapan. Berarti, sang juara mendapat total USD 31 juta, sedangkan negara yang tersisih di babak awal mendapat USD 9 juta,” terang Valcke dalam konferensi pers di Robben Island, pulau yang berada tujuh kilometer dari Cape Town, kepada AFP.

Selain prize money kontestan Piala Dunia, FIFA menaruh perhatian kepada klub yang para pemainnya berlaga di Afsel. Tak kurang dari USD 40 juta (sekitar Rp 376 miliar) yang siap dikucurkan. ”Setiap klub yang pemainnya tampil di Piala Dunia akan menerima USD 1.600 (sekitar Rp 15 juta) per hari untuk setiap pemain. Uang diberikan 15 hari sebelum start turnamen dan sehari sesudah turnamen (Piala Dunia 2010 berlangsung 11 Juni-11 Juli, Red),” jelas Valcke.

Berarti, uang yang bisa dikantongi sebuah klub yang menyumbang seorang pemain saja Rp 707 juta. Itu dengan catatan si pemain mengantarkan negaranya sampai babak final. FIFA sengaja mengalokasikan uang itu dengan harapan klub tidak akan mengajukan klaim atau kompensasi apa pun melalui pengadilan sipil. (dns/iro/Jawapos)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s