Kunci Ka’bah Dari Abad 13 Batal Dilelang


Sebuah kunci pintu Ka’bah yang berasal dari abad ke-13 akhirnya telah ditarik dari pelelangan di Istanbul, kata pengelola rumah lelang Portakal pada hari Selasa kemarin (8/12).

Kunci besi yang berasal dari era ke khilafahan Abbasiyah tersebut telah ditarik dari pelelangan, yang rencananya pelelangan terhadap kunci tersebut akan digelar pada tanggal 13 Desember mendatang. Alasan penarikan kunci – karena menurut rumah lelang Portakal yang biasa melelang benda-benda seni dan budaya – menyatakan bahwa kemungkinan agak susah untuk menjualnya. Belum ada penetapan estimasi harga dari kunci Ka’bah yang batal dilelang tersebut.

Kunci yang tak ternilai harganya itu akan diberikan kembali ke pemilik aslinya yang tidak mau disebut namanya, kata rumah lelang Portakal.

Tercatat ada 59 kunci Ka’bah. 54 dari kunci tersebut berada di Museum Istana Topkapi di Istanbul, dua berada di koleksi Es-Said Nuhad, dan satu kunci berada di Louvre Paris dan satu lagi berada di Museum Seni Islam di Kairo.

Kunci besi Ka’bah tersebut semuanya berukir dengan ayat-ayat suci dari Al-Quran.

Terakhir kali kunci Ka’bah sudah pernah terjual di pelelangan tahun lalu. Kunci Ka’bah itu dijual kepada seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya dengan harga 18.1 juta dolar AS dalam sebuah lelang di rumah lelang Sotheby di London pada tanggal 18 April 2008.(fq/wb/eramuslim)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s