China Memberi Kamboja Uang Setelah Megusir Kaum Muslim Uighur



Image

Wakil Presiden China berterima kasih kepada pemerintah Kamboja pada saat menyerahkan 1,2 milyar dolar bantuan sebagai kompensasi atas pengusiran yang baru-baru ini dilakukan oleh Kamboja terhadap para pengungsi Muslim Uighur, yang oleh China diklaim bahwa mereka adalah orang-orang yang sedang dicari pemerintah.

Sumber-sumber hak asasi manusia menegaskan bahwa kaum Muslim Uighur yang diusir dari Kamboja, dan kemudian dikirim ke China secara paksa akan menghadapi penganiayaan, penindasan, dan kekerasan dari pemerintah China.

Juru bicara pemerintah Kamboja menegaskan bahwa apa yang dilakukan negaranya, yaitu mengusir kaum Muslim Uighur dan kemudian memulangkan kembali ke negaranya merupakan bagian dari rencana kerjasama antara kedua negara. Ia mengkonfirmasikan bahwa negaranya meratifikasi 14 perjanjian dengan pemerintah China yang total anggaran keseluruhan 1,2 miliar dolar, termasuk pembangungan jalan dan perbaikan kuil-kuil Budha.

Sementara alasan Kamboja dalam melakukan pengusiran terhadap kaum Muslim Uighur adalah karena mereka tidak memiliki surat izin tinggal resmi. (www.alukah.net, 23/12/2009)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s