Waspadai Rob di Malam Tahun Baru


Waspadai Rob di Malam Tahun Baru

JAKARTA–Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengingatkan adanya potensi banjir rob di malam pergantian tahun nanti. Potensi ini muncul akibat terjadinya bulan purnama.

Kemungkinan banjir yang harus diwaspadai adalah jika hujan turun lebat di atas laut sehingga menaikkan permukaan air. “Ketika masa Purnama atau bulan baru tiba, maka pasang ombak bakal tinggi. Gejala pasang tinggi itu bisa berbahaya mengingat Indonesia sedang mengalami cuaca buruk,” tegasnya kepada Republika Online lewat telepon.

Djamaluddin pun meminta supaya masyarakat berhati-hati. “Bagi yang berlibur di pantai tentu harus berhati-hati sementara yang di darat juga demikian, karena cuaca sedang tidak bagus,” pungkasnya.

Selain purnama, malam pergantian tahun nanti juga dihiat gerhana bulan sebagian. Masyarakat Indonesia pada 1 Januari 2010 pukul 01.53 WIB-02.53 WIB bisa menikmatinya jika langit cerah.

Djamaluddin menjelaskan gerhana bulan tersebut tidak terlalu besar. Bulatan bulan yang tertutup bayangan bumi hanya sekitar 7 persen. Meski begitu, pada bagian bumi yang wilayahnya dalam kondisi malam bisa menyaksikan fenomena ini, termasuk wilayah Indonesia timur yang kebetulan memasuki pagi hari.

Setelah gerhana bulan sebagian, tutur dia, pada 15 Januari mendatang akan terjadi gerhana matahari cincin. Bentuknya akan terlihat berbeda-beda di berbagai negara. Gerhana matahari cincin, jelasnya, akan terlihat sempurna di benua Afrika, India bagian selatan, dan Cina. Saat itu, posisi bulan yang terlihat dari bumi, tepat dan penuh menutupi bagian tengah matahari. Sisa cahayanya di sekitar lingkaran matahari itulah yang terlihat seperti cincin.

Di Indonesia,itu berlangsung pukul 15.00-16.00 WIB dengan kegelapan di berbagai daerah yang beragam. Di wilayah Papua dan sekitarnya malah tak mengalami gerhana matahari.

Di wilayah Sulawesi Utara, kegelapan gerhana itu 0-5 persen. Di Jawa Barat dan Jawa Tengah 0-10 persen. Sedangkan di Kalimantan mencapai 5-20 persen. Wilayah yang bakal cukup gelap terjadi di Sumatera yakni cahaya matahari meredup sampai 60 persen. Menurut dia, selama 2010 akan terjadi 5-6 gerhana. cr2/irf/republika

Iklan

One response to “Waspadai Rob di Malam Tahun Baru

  1. Semoga kita semua dilindungiNya dan dijauhkan dari mara bahaya dan bencana. Amin

    Cari Uang Di Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s