Pasar Helm Nasional Meningkat 30 Persen, Ekspor Turun


JAKARTA, KOMPAS.com — Krisis keuangan global yang berkecamuk di awal tahun berimbas pada kinerja ekspor produk aksesori. Salah satunya, helm motor yang pada 2009 mengalami penurunan. Kondisi perekonomian negara tujuan ekspor di Eropa, yang juga mengalami kondisi terburuk, ikut memengaruhi volume ekspor.

“Penurunan ekspor tahun ini mencapai setengah dari tahun lalu. Hingga akhir tahun, ekspor kita cuma mencapai 85.000 unit, rata-rata sebulan empat sampai lima kontainer,” ujar Johanes Cokrodiharjo di Jakarta, Sabtu (12/12/2009).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) tersebut menjelaskan, tahun lalu pasar ekspor helm bisa mencapai 170.000 unit. Menurutnya, angka tersebut dipicu adanya penerimaan order helm dari pasar internasional dari China. “Tapi, tahun ini tak ada lagi limpahan order dari China,” ucap Johanes.

Meski menurun, kinerja ekspor tak berpengaruh besar terhadap industri helm nasional. Pangsa ekspor helm hanya berkisar 3 persen dari total. Sementara itu, kondisi pasar helm nasional sendiri justru terbalik, yaitu mengalami peningkatan sekitar 30 persen hingga akhir tahun.

Mengacu data AIHI, Johanes menjelaskan bahwa pasar helm nasional pada 2008 tercatat sebanyak 10,5 juta unit. Tahun ini, pasar diprediksi akan mampu mencapai 13 juta unit.

“Sekarang ini, helm sudah bukan lagi sebuah kebutuhan, melainkan menjadi sebuah produk fashion. Jadi, satu orang itu akan membeli helm sesuai dengan gaya penampilannya. Kondisi ini yang membuat pasar helm nasional terus berkembang dan ini positif,” papar Johanes. (KOMPAS.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s