Pertemuan Rahasia Melenyapkan Dollar


The Independent, koran harian Inggris, menurunkan berita Selasa (6/10) bahwa negara-negara Arab terlibat pembicaraan rahasia dengan Rusia, Cina, Jepang dan Perancis untuk mengganti dolar AS, dalam perdagangan minyak dunia.

Dolar AS memang semakin meredup sekarang ini, yang ditulis oleh koresponden Timur Tengah Robert Fisk. Rencananya, dollar akan segera digantikan beberapa mata uang yang lain yen Jepang dan yuan Cina, euro, emas dan mata uang negara-negara di Teluk, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Qatar.

Pertemuan rahasia

“Rapat Rahasia telah dilakukan oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral di Rusia, Cina, Jepang dan Brazil, yang berarti bahwa minyak tidak akan lagi dihargai oleh dolar,” kata laporan tersebut, seraya menambahkan bahwa Perancis telah juga terlibat dalam pertemuan itu.

The Independent mengatakan AS sadar bahwa pertemuan itu terjadi tapi belum menemukan rincian dan “mereka yakin akan bisa memerangi komplotan rahasia internasional ini.” Jika berita ini benar, maka ini berita makin buruk untuk dollar AS yang sudah sakit-sakitan. “Ini menunjukkan bahwa bank sentral, bukan hanya di Asia, telah mencari cara untuk menjauh dari dolar.” Ujarnya.

Memang, beberapa tahun yang lalu, Iran mulai menyelesaikan sebagian besar ekspor minyak mentahnya dalam mata uang non-dolar, terutama euro. Namun harga sebenarnya untuk minyak masih diatur dalam dolar. (sa/wb/eramuslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s