Mousavi: Revolusi Iran Atau Mati!


Pemimpin oposisi Iran, Mir Hossein Mousavi mengatakan ia tidak takut mati demi reformasi Iran. Ini adalah komentar pertamanya sejak kematian keponakannya dan demonstrasi anti-pemerintah Iran akhir bulan lalu.

Dalam pernyataan yang diposting di situs Web, Mousavi juga menyebutkan lima tahap solusi terhadap krisis yang dipicu oleh pemilu bulan Juni 2009 lalu.

Ia mengatakan pemerintah, parlemen dan yudikatif harus menerima “tanggung jawab langsung” terhadap situasi Iran saat ini.

“Saya tidak mau mati seperti orang-orang yang berkorban setelah pemilihan nasional, yang menuntut hak mereka dan tuntutan agama,” katanya dalam pernyataan di situs Kaleme.org.

Dan ia menolak kritik yang telah menuduh bahwa para pemimpin oposisi seperti dirinya lah yang memicu kerusuhan.

Ia menyerukan kepada pemerintah Iran untuk menciptakan sebuah “hukum yang transparan”, melepaskan tahanan politik, mengakui kebebasan pers serta hak masyarakat untuk berpendapat. Seperti diketahui, pemerintah Iran melarang dan menutup semua media di Iran—bahkan blog sekalipun, yang bertentangan dengan pemerintah Iran, apalagi jika menjelek-jelekkannya.

Hal ini terjadi pada misalnya pada blog sonsofsunnahiran yang banyak memberitakan kebocoran dan ketidakadilan pemerintahan Ahmadinejad yang kejam kepada golongan sunni di Iran.

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa penangkapan atau pembunuhan, baik sendiri atau pemimpin oposisi lainnya tidak akan menenangkan situasi saat ini di Iran.

Ini adalah salah satu pernyataan Hossein Mousavi yang terpedas dalam beberapa bulan terakhir. (sa/bbc)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s