Mr Galloway! Untuk Palestina


Ada beberapa orang Barat yang benar-benar konsern dengan permasalahan Palestina. Bukan hanya sekadar di bibir saja, tapi mereka melakukan sebuah usaha yang sungguh-sungguh. Sebutlah nama George Galloway di Gaza. Maka, orang akan menganggukkan kepala untuk menghormatinya.

Sebagian orang Palestina bahkan tidak ragu mendoakan Galloway agar ia menjadi pemeluk Islam. Memang tidak sampai mengidolakannya, namun Galloway diyakini memiliki moral dan nilai-nilai sebagai orang Islam sendiri dan dia menggunakan posisinya untuk menolong orang Islam.

Siapa sebenarnya Galloway?

Galloway adalah anggota Parlemen Inggris sekaligus pimpinan dari Respect Party. Ia hadir dalam konferensi Al-Quds Internasional di Istanbul, Turki, dan juga berbagai okasi lainnya. Ia menyerukan Mahmud Abbas agar mementingkan persatuan antara Fatah dengan HAMAS terlebih dahulu sebelum mau diajak berunding dengan Zionis-Israel dalam Pertemuan di Annapolis akhir November 2009 lalu yang disponsori Amerika Serikat.

George Galloway dilahirkan di kota Skotlandia, Dundee. Dia meninggalkan sekolah pada usia enam belas untuk menjadi pekerja pabrik Michelin, di mana ia bergabung dengan Serikat Pekerja Transportasi dan Umum dan tetap menjadi anggotanya sampai hari ini.

Dia adalah ketua Partai Buruh termuda di Skotlandia pada usia dua puluh enam tahun. Pada tahun 1983, ia pindah ke London sebagai Sekretaris Jenderal pada War On Want, badan pembangunan internasional. Ia pertama kali terlibat dalam Palestina pada awal 1970-an. Pada tahun 1980, ia mengatur kota Dundee dengan replika kota Palestina. Dengan demikian, balai kota Dundee menjadi bangunan publik pertama di negara barat yang mengibarkan bendera Palestina.

Juga, pada 1980 ia membentuk Uni Trades Inggris Friends of Palestine dan menjadi Sekretaris Jenderalnya yang pertama. Pada 1990, ia adalah salah satu penentang utama perang di Teluk meskipun ia belum pernah mengunjungi Irak (satu-satunya negara Arab yang belum pernah ia kunjungi). Pada tahun 2003, George Galloway diusir oleh Tony Blair dari Partai Buruh karena menentang perang Irak.

Dia adalah seorang sering penyiar, penulis, dan pembicara publik. Ia dianugerahi “Parlemen pendebat” tahun pada tahun 2003, oleh Parlemen Press Corps. Thanks for all your attention, Mr Galloway! (sa/ia/wpdia/gg/eramuslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s