Sudahlah Amerika, Mundur Saja Dari Iraq Sekarang


Seriuskah AS meninggalkan Iraq? Tampaknya tidak. Hal itu disebutkan oleh Muqtada al-Sadr, seorang tokoh Syiah di Iraq. “Pemerintah Iraq dan AS tidak serius tentang penarikan.” ujarnya tegas.

Saat ini, sekitar 131.000 pasukan Amerika masih berasa di Irak, di pangkalan-pangkalan dan pos-pos di luar pusat-pusat populasi. Rencananya, semua pasukan AS akan keluar dari Irak pada akhir 2011.

Sebagian besar sudah akan pergi pada Agustus 2010 atas perintah Barack Obama, pengganti Bush. Pasukan AS yang tetap bertugas sekarang ini mendukung pasukan dan polisi Irak, melakukan operasi di kota-kota.

Menurut al-Sadr, seharusnya penarikan itu meliputi tentara, intelijen, milisi, dan perusahaan keamanan AS dan lain-lain. “Kami menginginkan penarikan (pasukang asing) dan menghentikan campur tangan politik, sosial dan ekonomi Iraq oleh pihak asing.” ujarnya.

Saat ini kondisi Iraq masih sangat berantakan. Kericuhant erjadi di sana-sini. “Jika pasukan asing tidak melakukan penarikan, maka rakyat Irak mengungkapkan pendapat mereka secara damai, dan hak untuk membela diri dengan syarat tidak merugikan rakyat Irak dan aparat keamanan,” katanya dengan nada ancaman.

Ray Odierno, komandan pasukan AS di Irak, tahun lalu, secara diam-diam mengakui bahwa tentara AS memang menarik diri dari sebagian kota-kota di Iraq.

Seorang wartawan dalam konferensi pers mengingatkan Odierno, untuk membuat penjelasan tentang “menyelesaikan penarikan mundur tentara AS dari kota-kota di Iraq,” karena pada kenyataannya banyak tentara Amerika masih berada di kota-kota Irak. Odierno menjawab pertanyaan jurnalis tentang “Berapa banyak tentara Amerika yang masih tinggal di kota-kota Irak?” dan dia mengakui jumlah tentara yang tinggal di Irak sangat tinggi. “Saya tidak bisa menyatakan jumlah yang pasti,” kata Jenderal Odierno.

Pemerintahan Amerika Serikat menjelaskan akan menarik diri dari wilayah perkotaan hingga 30 Juni 2009 dan dari seluruh Irak sampai akhir 2011 dalam Status of Forces Agreement (SOFA) yang ditandatangani dengan pemerintah Irak. (sa/cnn/solenglish)

Iklan

One response to “Sudahlah Amerika, Mundur Saja Dari Iraq Sekarang

  1. MENURUT SAYA MANA LAH SEORANG KAFIR AMERIKA YG INGIN MENJAJAH IRAK MAU MENINGGALKAN IRAK,TIDAK SANGGUP MENGHADAPI SADDAM SENDIRIAN KAFIR ITU MEMBUAT FITNAHAN TERHADAP SADDAM PADAHAL SUDAH JELAS FAKTA NYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s