Dosen LSE : ia adalah korban dari perburuan ala McCarthyite atas keanggotaan Hizbut Tahrir


Seorang dosen pascasarjana yang dituduh sebagai anggota kelompok Islam yang melakukan “infiltrasi” di London School of Economics telah menolak tuduhan itu dan menyatakannya sebagai “perburuan ala McCarthyite”.

Reza Pankhurst

Reza Pankhurst, yang menghabiskan empat tahun di penjara Mesir karena keanggotaannya di Hizbut Tahrir (HT), telah mengantisipasi kritik yang akan diterimanya ketika ia mulai belajar mendapat gelar PhD dan memberikan kuliah kepada para mahasiswa.

HT, organisasi yang mendorong terpilihnya seorang Khalifah di dunia Arab, adalah organisasi terlarang di Mesir, tetapi sah di Inggris. Kelompok Konservatif telah mengancam untuk melarang organisasi itu, dan Persatuan Pelajar Nasional – National Union of Students – telah mengadopsi kebijakan “tidak memberikan platform” terhadap para pembicara dari organisasi itu, dan Kementrian Dalam Negeri mengatakan bahwa lembaganya tetap menjadikan status organisasi itu dalam keadaan pemantauan.

Dalam sebuah wawancara dengan Guardian, Pankhurst, 34 tahun, mengatakan bahwa banyak individu sedang “diburu karena pandangan mereka”, dan bahwa penentangan dari umat Islam sedang dibungkam. Sementara LSE telah membela haknya untuk memberikan “kebebasan berekspresi dalam koridor hukum”.

Tuduhan terbaru, katanya, menimbulkan pertanyaan tentang peran Muslim dalam masyarakat Inggris dan batas-batas kebebasan akademik di universitas.

“Saya tahu ini, hal ini akan terjadi suatu hari,” kata Pankhurst. “Ketika saya kembali dari Mesir saya pikir saya tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan, namun saya ingin memberikan kontribusi dan terlibat dalam perdebatan positif.

“Jadi saya melamar ke LSE dan mengatakan kepada mereka apa yang telah terjadi pada saya. Mereka menerima saya pada kuliah untuk program master dalam bidang studi sejarah hubungan internasional. Saya diwawancarai oleh dinas keamanan ketika saya kembali dan kemudian saya dibuntuti seseorang. Selama beberapa bulan pertama saya melihat orang laki-laki yang sama ketika saya di universitas, di pusat hiburan dan di luar rumah.

“Dia melihat-lihat ke sekeliling. Mungkin saja mereka hanya ingin menunjukkan pada saya bahwa mereka [sedang memantau] saya? Tapi begitu mereka melihat saya berada di LSE dan berbicara secara terbuka tentang keyakinan saya, saya membayangkan bahwa mereka menganggap hal ini sebagai pemborosan sumber daya yang lebih jauh.”

Pankhurst memberikan kutbah dalam shalat Jumat, menegaskan bahwa ia menentang teroris yang menggunakan kekerasan. Baru-baru ini, dia berbicara mengenai Abdulmutallab, dengan mengatakan bahwa Abdulmutalib tidak pernah menjadi radikal ketika di London. “Apa [yang para penuduh] saya lupa adalah dengan mengatakan bahwa saya menghabiskan 10 menit dengan menekankan bahwa setiap tindakan yang mentargetkan orang-orang yang tidak bersalah adalah terlarang dan bahwasanya tidak ada pembenaran untuk hal itu dalam Islam. [Abdulmutallab] menjadi radikal karena rasa ketidakadilan … oleh apa yang ia lihat pada berita-berita tentang Afghanistan dan Irak. ”

Pankhurst juga membantah klaim bahwa ia membantu “pengantin” mantan mahasiswa yang lain, Omar Sharif, yang meledakkan dirinya di Tel Aviv pada tahun 2003. “Orang ini pada saat yang sama pasti sedang mengikuti kuliah di King’s College pada tahun 1996. Saat itu saya menjadi Presiden Komunitas Islam,” kata Pankhurst. “Apakah itu berarti saya bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan tujuh tahun kemudian? Itu adalah omong kosong Neocon. Ini kejahatan dengan melakukan asosiasi.”

Pankhurst mengambil nasihat hukum atas “tuduhan palsu ini”, katanya.

Cercaan seperti itu, katanya, adalah “suatu bentuk Mc Carthyism (McCarthyisme adalah praktek untuk membuat tuduhan disloyalitas, subversi, dll – red) yang diarahkan terhadap umat Islam yang berbicara lantang” menentang kebijakan luar negeri Inggris. “Apakah mereka ingin umat Islam terlibat dalam bidang profesional atau akankah mereka lebih suka agar mengambil manfaat dari kita? Sindiran, memasukan dalam daftar hitam dan perburuan gaya McCarthyite adalah sangat kontra-produktif. Saya tidak mengatakan apapun yang ilegal, atau apapun yang menghasut kekerasan .

Undangan kepada Pankhurst untuk berpartisipasi dalam sebuah perdebatan yang berjudul “Hukum Syari’ah – apakah cocok di dunia modern?” di Universitas Queen Mary di London, dibatalkan sebelum Natal karena keanggotaannya di HT.

Pankhurst telah menerima banyak email dukungan dari para mahasiswa LSE, dan universitas itu berdiri mendukungnya: “Tidak ada kekhawatiran tentang perilakunya yang telah dibesarkan di universitas ini dan kita tidak sadar bahwa ia adalah anggota organisasi terlarang atau telah melanggar undang-undang atau peraturan LSE,” kata universitas itu dalam sebuah pernyataan. “Semua siswa dan staf berhak mendapatkan kebebasan berekspresi di dalam koridor hukum.” (RZ/FW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s