Universitas Kanada Tawarkan Kursus Keuangan Syariah Online


https://i1.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/1berita/2_1_isalm/scarborough_college.jpg

ONTARIO – Centennial Scarborough College, salah satu kampus yang paling beragam di Kanada, telah menjadi yang pertama yang bersertifikat untuk mengajarkan keuangan Islam – sebuah sistem yang tidak mengenakan bunga atau berinvestasi dalam komoditas yang bertentangan dengan hukum Islam.

Mata kuliah satu tahun ajaran akan ditawarkan secara online, mulai musim gugur ini, untuk siswa di Ontario dengan biaya sekitar $ 500.

Salah satu bank besar telah menyatakan minatnya dalam pelatihan beberapa stafnya di dasar-dasar perbankan Islam, kata John Harris, ketua kuliah program pelayanan akuntansi dan keuangan.

“Kami telah menciptakan kursus ini sebagai tanggapan atas permintaan dari sejumlah sektor – termasuk salah satu dari bank-bank besar yang mengatakan ingin bisa berbicara bahasa yang sama sebagai klien yang berbasis di latar belakang keuangan Islam,” kata Harris, menambahkan bahwa kursus ini akan diajarkan oleh para sarjana Islam.

“Mereka ingin dapat struktur kontrak tanpa menyinggung basis klien mereka.”

Chartered Institute for Securities and Investment yang berbasis di London telah mengakreditasi Centennial untuk memberikan Kualifikasi Keuangan Islam yang baru.

Siswa akan belajar cara membuat kontrak alternatif untuk meminjamkan uang yang mungkin termasuk surat kredit atau jaminan, kata Harris, bukan penerapan bunga dari waktu ke waktu – yang menurut hukum Islam sebagai riba.

“Dana tersebut diberikan sebagai lebih dari sebuah kemitraan, perjanjian antara dua pihak yang menghindari janji untuk membayar bunga,” katanya.

Telah ada pasar hipotek yang sesuai dengan ajaran Islam yang berkembang, yang sering terstruktur sehingga berakhir pada penyewaan untuk memiliki properti: dasarnya membayar sewa, bukan bunga.

Sebuah studi oleh Canada Mortgage and Housing Corp. baru-baru ini menyimpulkan bahwa tidak ada rintangan hukum untuk menawarkan keuangan semacam itu di Kanada.

Pada musim semi lalu pada pertemuan regional untuk menghidupkan kembali ekonomi GTA, Kritikus Keuangan Liberal federal John McCallum menyarankan membuat Toronto sebagai hub global keuangan Islam, bidang yang konon merupakan segmen yang tumbuh paling cepat dari industri jasa keuangan, meluas hingga 20 persen masing-masing tahun sejak tahun 2001.

Sebuah studi keuangan Islam oleh firma hukum Elliott Stikeman memproyeksikan bahwa pada 2017, umat Islam akan menyusun antara 3,7 persen dan 4,9 persen dari penduduk Kanada.

“Akibatnya, ada diharapkan dapat meningkatkan permintaan terhadap layanan keuangan Islam di Kanada di tahun-tahun mendatang, berpotensi memberikan peluang yang sangat besar bagi perusahaan-perusahaan keuangan agar siap untuk melayani komunitas yang sedang berkembang ini.”

Kursus ini dapat diambil secara online sebagai mata kuliah mandiri tentu saja melalui layanan pendidikan berkelanjutan “Ontario Learns”, melalui pelatihan perusahaan atau kursus sebagai kredit di salah satu program akuntansi Centennial dua tahun.

Selain Kanada, Eropa pun telah mengincar pendidikan keuangan Syariah. September tahun lalu universitas-universitas di Inggris dan di tempat lain di Eropa akan menambahkan program-program studi baru dan paska kualifikasi mengenai keuangan Islam, yang mencerminkan bahwa keuangan Islam telah menjadi salah satu dari sektor industri perbankan global yang paling cepat berkembang, diperluas antara 15% dan 20% setahun. Aset yang dipegang oleh lembaga keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam yang sekarang jumlah yang hampir 1 triliun dolar.

Di Inggris, ketertarikan pada sektor tersebut juga mencerminkan komitmen pemerintah untuk mempromosikan Inggris sebagai pusat keuangan Islam. Inggris sudah menawarkan program-program pelatihan keuangan Islam ke Eropa, mulai dari level awal hingga ke tingkat pascasarjana, dan pada tahun 2006 menjadi saksi peluncuran Kualifikasi Keuangan Islam, sebuah inisiatif bersama antara sekolah bisnis Libanon dan Securities and Investment Institute.

Desember lalu, departemen keuangan menerbitkan karya yang berisikan tujuan pemerintah London untuk menjadi “pintu gerbang Eropa menuju keuangan Islam internasional”. Pengakuaan bahwa industri ini masih muda dan karenanya belum mengalami kekurangan keterampilan, namun diperkirakan dengan segera dapat berkembang. Ia menyatakan, “Para calon pelamar di Inggris akan bersaing dengan pertumbuhan yang cepat di pasar.”

Universitas telah menjawab dengan antusias. (iw/pc/suaramedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s