Program Makanan Halal Serbu Jalanan Michigan!


https://i1.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/1berita/2_1_isalm/makan.jpg

DEARBORN, MICHIGAN – Mariam Wehbe mengetahui sebuah program yang menawarkan makanan antar-rumah yang sesuai dengan hukum Islam di saat yang tepat – kesehatan yang buruk membuat aktivitas memasak jadi mustahil dan seorang cucu laki-laki yang biasa membantunya harus mengurangi waktunya untuk lebih berkonsentrasi sekolah.

Selain itu, sebagai seorang Muslim, dia bisa tetap makan makanan halal.

Wehbe, 70, yang tinggal di Dearborn, Detroit, adalah salah satu penerima program Halal Meals on Wheels. Itu adalah pertama kalinya di AS terdapat distributor makanan halal tingkat nasional yang beroperasi setelah upaya panjang oleh agensi nirlaba yang melayani warga senior serta kaum Muslim dan Arab Amerika di wilayah itu.

Seperti program-program Meals on Wheels lainnya, Halal Meals on Wheels dirancang untuk orang-orang yang setidaknya berusia 60 tahun ke atas, terbatas pada rumah mereka dan tidak mampu memasak makanan mereka sendiri. Namun Halal Meals juga dibolehkan bagi kaum Muslim karena dimasak sesuai dengan ajaran Islam.

Amne Talab, direktur layanan sosial Pusat Komunitas Arab untuk Layanan Sosial dan Ekonomi di Dearborn, mengatakan bahwa kebutuhannya semakin meningkat saat populasi menua dan lebih banyak orang tua yang kehilangan bantuan dari anggota keluarga yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam perekonomian yang sulit ini.

Ia juga terinspirasi oleh kesuksesan program Kosher Meals on Wheels setempat.

“Kami mengetahui program reguler Meals on Wheels  dan ingin tahu jika mereka dapat membuatnya menjadi halal,” ujar Talab, yang juga merupakan anggota Komisi Layanan Orang Tua.

Talab mengatakan memperoleh uang untuk program itu menjadi sebuah tantangan hingga Agensi Area Aliansi Senior untuk Orang Tua 1-C nonprofit mengidentifikasi pendanaan federal yang tersedia melalui badan pemerintah negara bagian. Ia mengatakan butuh waktu tiga tahun untuk akhirnya mengoperasikan layanan itu.

Program yang merupakan upaya bersama pusat Talab dan Aliansi Senior yang dimulai bulan lalu memiliki sekitar 20 pelanggan. Namun Talab memperkirakan jumlahnya akan meningkat setelah beritanya tersebar.

Makanan itu diantar ke orang-orang yang memenuhi kriteria di wilayah Wayne barat dan selatan. Area Detroit adalah rumah bagi populasi Muslim paling padat di negara itu.

Makanan tersebut berasal dari dua perusahaan Iowa: Midamar Corp. dari Cedar Rapids dan Mom’s Meals dari Ankeny.

Midamar memulai program makanan siap saji tahun lalu ketika dua perusahaan mulai menyediakan makanan untuk program kesehatan kota New York. Von Kennedy, direktur penjualan dan pemasaran Midamar, mengatakan bahwa program Wheels on Meals Michigan adalah yang pertama bagi perusahaannya.

Ia mengatakan mempersiapkan makanan halal benar-benar akan menarik traksi di negara bagian dengan populasi Muslim yang cukup besar seperti New York, Texas, California, dan Illinois. Midamar mengatakan mereka adalah perusahaan pertama yang bekerjasama dengan Departemen Pertanian AS untuk mengembangkan program makanan halal terakreditasi.

Wehbe mengatakan bahwa makanannya tidak terlalu buruk meskipun menurutnya makanan rendah lemak dan rendah sodiumnya dapat ditambah minyak sedikit lebih banyak, seperti yang biasa ia masak. (rin//ssd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s