Anti-Menara Masjid Jadi Sumber Pertikaian Perancis – Swiss


https://i0.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/1berita/2_1_isalm/anti_islam_train.jpg

BERN – Sebuah perusahaan yang membuat poster anti-menara Masjid yang kontroversial di Swiss mengatakan pada hari Kamis (25/02) akan mengajukan tuntutan hukum melawan Partai Front Nasional sayap kanan karena meniru ide mereka.

Alexander Segert, yang memimpin perusahaan grafis Goal, mengatakan bahwa perusahaannya telah meminta pengacara mereka untuk memasukkan keluhan di Perancis untuk pelanggaran hak intelektual.

Perusahaan Segert membuat poster yang digunakan dalam referendum Swiss melawan pembangunan menara-menara baru.

Referendum yang didukung oleh Partai Rakyat Swiss (SVP) dari golongan ekstrem kanan itu disetujui rakyat Swiss dengan perolehan suara lebih dari 57%, memicu kritik dari seluruh dunia.

Poster itu memperlihatkan seorang wanita mengenakan burqa membelakangi bendera Swiss yang di atasnya berdiri menara-menara menyerupai rudal.

Dalam poster Perancis, siluet wanita dengan burka itu membelakangi menara-menara yang bentuknya menyerupai rudal berdiri di atas peta Perancis, yang warna dan desainnya mirip seperti bendera Aljazair.

Segert menuduh Partai Front Nasional melakukan ”perampokan” dalam poster kampanye yang digunakan oleh seksi pemuda partai dalam pemilihan regional di wilayah selatan Perancis, Cote d’Azur, provinsi Alpes.

”Saya sangat terkejut,” ujar Segert, meminta Front Nasional segera menarik poster-poster itu.

Dalam sebuah pernyataan, seksi pemuda Front Nasional mengatakan bahwa ”tidak ada partai politik, apalagi perusahaan komunikasi, yang merupakan pemilik masalah yang dihadapi oleh berbagai gerakan politik.”

”Poster kami sepenuhnya digambar oleh seorang profesional, ini bukan masalah pencurian,” ujar partai.

Namun anggota parlemen dari partai SVP, Ulrich Schlueer, mengatakan bahwa disesalkan bahwa partai Perancis tidak mendekati komite yang menangani poster Swiss sebelum menggunakan konsep itu untuk kampanye mereka.

Sejumlah kritik mengecam poster dan kampanye itu fasis, memperingatkan bahaya Islamofobia dan kecenderungan neo-NAZI yang menarget kaum Muslim di Amerika.

Komisi Federal Melawan Rasisme pada hari Rabu, 7 Oktober 2009, melarang poster rasis tersebut menjadi bagian dari kampanye menentang pembangunan menara Masjid di Swiss.

“Komisi berpendapat bahwa hal ini dapat mengancam kohesi sosial dan perdamaian publik,” bunyi pernyataan dari Komisi.

Partai Rakyat Swiss (SVP) menyebarkan poster kampanye tersebut dengan sejumlah tulisan seperti: “Berhenti! Ya untuk larangan terhadap menara Masjid,” yang merujuk pada referendum tentang pembangunan menara Masjid di bulan November 2009.

Komisi pemerintah menyatakan bahwa poster-poster itu menimbulkan prasangka, terlalu merendahkan, dan menggambarkan Islam dengan cara yang buruk. (rin/meo/sm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s