Menteri Inggris Siap Batalkan Pembangunan Masjid Sandhurst


https://i2.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/2berita/1_3_islam/1john_denham.jpg

SANDHURST – Menteri Kemasyarakatan John Denham bisa saja ikut campur tangan dalam perselisihan yang semakin pahit atas rencana untuk membangun sebuah masjid di samping Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst di Surrey.

Kantor Pemerintah dari Tenggara mengatakan kepada anggota dewan lokal bahwa Denham akan mempertimbangkan “menarik kembali” keputusan, jika dewan setempat memberi lampu hijau malam ini.

Sebuah kelompok Muslim lokal ingin membangun masjid baru, yang akan memiliki kubah besar dan dua menara setinggi 100 kaki, hanya 400 meter dari lapangan upacara.

Rencana, yang melibatkan untuk merubuhkan  sebuah sekolah Victoria, Surrey disetujui oleh komite perencanaan Dewan Borough Heath awal tahun ini, tetapi dibalik pada masalah teknis.

Pertemuan dewan penuh malam ini di sebuah teater lokal akan memutuskan apakah akan  rencana tersebut akan dilanjutkan atau ditinggalkan.

Dokumen perencanaan yang dirilis menjelang pertemuan memperingatkan bahwa tidak ada keputusan yang diambil oleh 40 anggota dewan yang diizinkan untuk dilanjutkan sampai Denham telah memutuskan apakah dia ingin membalik keputusan dewan.

Di bawah hukum, ia mampu melakukan hal ini jika sebuah bangunan yang direncanakan menyebabkan kontroversi atau memiliki signifikansi nasional.

Kelompok Bengali lokal ingin merobohkan bekas sekolah pengasuhan dan membangun sebuah masjid baru, dalam gaya Islam tradisional dengan kubah sentral besar dikelilingi lima kubah yang lebih kecil dan dua menara setinggi 100 kaki.

Di direncanakan akan ada ruang doa seluas 2.500 kaki persegi, serta untuk wudhu dan berganti pakaian  untuk laki-laki dan perempuan dan kamar mayat di ruang bawah tanah.

Rencana telah memisahkan masyarakat Islam dengan ratusan penduduk lokal menentang skema itu, begitu juga dengan English Heritage dan Michael Gove, anggota parlemen Konservatif lokal dan asisten kunci untuk David Cameron.

English Heritage mengatakan kepada dewan dalam sebuah pengajuan bahwa aplikasi itu harus dilempar keluar karena “desain yang diajukan tidak memiliki arsitektur yang cukup kualitas tinggi. untuk dibandingkan dengan skalanya terhadap pembongkaran”.

Sebuah kampanye melawan rencana tersebut telah memenangkan dukungan dari 2.000 masyarakat setempat. Gove, yang tidak dapat hadir karena bentrokan jadwal, mengatakan dia menentang aplikasi itu.

Dia berkata: “Saya sepenuhnya memahami kekhawatiran yang orang-orang miliki. Camberley sudah pernah melihat lingkungan yang secara bersejarah terbina mulaiterkikis. Kita perlu berbuat lebih banyak untuk menjaga karakter bangunan-bangunan yang telah berhasil kita amankan.

“Sebuah bangunan yang terdaftar secara lokal di kawasan konservasi harus dipertahankan dan ditingkatkan, tidak diganti.”

Kementerian Pertahanan, yang awalnya menentang rencana, sekarang mendukungnya setelah meyakinkan bahwa menara itu digunakan untuk hiasan saja, dan tidak memiliki jendela di mana orang-orang bisa melihat ke Akademi Sandhurst.

Para pejabat senior dari Sandhurst sempat mengatakan bahwa Masjid tersebut dapat menghadirkan “ancaman” kepada para kadet.

Setiap tahun, ratusan personel angkatan bersenjata yang baru saja lulus dan siap bertugas akan melakukan parade di sebuah tanah lapang. Itulah parade kelulusan yang dihadiri oleh para anggota keluarga kerajaan Inggris. Pangeran Harry merayakan kelulusannya dalam parade tersebut pada tahun 2006. Saat itu, Sri Ratu hadir dalam parade.

Seorang juru bicara Menteri Pertahanan mengatakan, ”Badan Pertahanan tidak keberatan terhadap rencana pembangunan tersebut selama bangunan tinggi tersebut tidak memberikan kesempatan untuk memandangi properti Pertahanan yang mungkin dapat menghadirkan resiko keamanan.”

Seorang juru bicara Departemen Masyarakat dan Pemerintah Daerah berkata: “Kami mengakui bahwa ada pandangan kuat diungkapkan mengenai proposal ini. Kita akan hati-hati mempertimbangkan kasus ini dan memutuskan apakah akan meneruskannya” (iw/tg/suaramedia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s