Pertama Kalinya, Sekolah Dasar Inggris Bersertifikat Halal


https://i2.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/2berita/1_3_islam/1blackburn.jpg

LONDON – Sebuah sekolah dasar di Blackburn menjadi sekolah pertama di Inggris yang mendapatkan akreditasi dari Komite Pengawas Halal.

Sekolah Dasar Daisyfield di Blackburn merupakan sekolah non-Muslim pertama yang mendapatkan sertifikasi dari komite tersebut, sekolah lainnya adalah SMA Wanita Tauheedul Islam.

Banyak sekolah di East Lancashire yang menyediakan daging halal namun hanya diakreditasi oleh Otoritas Makanan Halal yang tidak seketat Komite Pengawas Halal.

Komite tersebut mengatakan bahwa mereka menginspeksi daging di sekolah itu mulai dari tempat penyembelihannya serta pengepakan dan pengirimannya.

Peter Fenton, kepala sekolah yang berada di jalan Clinton itu, mengatakan, ”Saya senang menjadi bagian dari sekolah yang memiliki banyak siswa Muslim, dapur yang kami kelola sendiri telah diakui memenuhi standar Komite untuk pembelian, penyimpanan, dan persiapan masakan.”

”Hal ini telah diterima dengan sangat baik oleh seluruh komunitas sekolah.”

Moulana Hanif, perwakilan Komite di area setempat, mengatakan, ”Kami tidak memiliki kata-kata yang dapat mengungkapkan kebahagiaan kami terhadap berita bahwa Sekolah Dasar Daisyfield telah menjadi sekolah dasar pertama di negara ini yang mendapatkan sertifikasi dari Komite Pengawas Halal.”

”Saya pribadi ingin berterima kasih pada Kepala Sekolah Peter Fenton dan staf manajemen di Daisyfield karena mengambil langkah penting menuju pemasokan produk-produk halal asli bagi anak-anak yang bersekolah di sana.”

”Daisyfield memiliki kebijakan kuat yang diterapkan di sekolah untuk memastikan tidak adanya kontaminasi silang dan bahan-bahan yang digunakan untuk para vegetarian.”

”Kami berharap semua sekolah juga akan mengikuti Daisyfield sehingga produk halal asli tersedia bagi anak-anak Muslim yang merupakan bagian sangat penting dari keyakinan kami.”

Meskipun merupakan sekolah umum, 95% murid Sekolah Dasar Daisyfield beragama Islam.

Anggota parlemen dari partai Konservatif, David Davies, mengatakan penting bagi anak-anak Muslim bahwa keyakinan mereka diakui. Namun, ia memperingatkan, ”Juga penting bahwa kita membiarkan integrasi penuh dari para pendatang. Konsentrasi terhadap kelompok etnis tertentu di wilayah kecil tidak membantu hal itu.”

Metode penyembelihan dalam Islam telah banyak dikritik oleh sejumlah organisasi kesejahteraan hewan yang mengklaim bahwa proses itu menyebabkan penderitaan bagi hewan yang dibiarkan mati kehabisan darah.

Pada tahun 2003, sebuah kelompok penasihat independen – Farm Animal Welfare Council – menyimpulkan bahwa cara daging halal diproduksi menyebabkan penderitaan terhadap hewan. (rin/exp/lt/suaramedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s