Rachel Corrie Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Ramallah


Warga Palestina dan sejumlah aktivis perdamaian di Palestina menggelar acara untuk memperingati tujuh tahun wafatnya Rachel Corrie, seorang aktivis perdamaian asal AS yang tewas dilindas buldoser tentara Israel saat memprotes penggusuran rumah milik warga Palestina di Jalur Gaza pada tahun 2003.

Acara peringatan di gelar di wilayah pendudukan di Tepi Barat, termasuk di kota Ramallah yang dihadiri oleh kedua orang tua Corrie. Kehadiran orang tua Corrie sekaligus untuk menyaksikan penyematan nama jalan di Ramallah yang menggunakan nama puterinya, sebagai penghormatan atas keberanian Corrie membela warga Palestina dari ancaman tentara-tentara Israel.

Kebetulan, kedua orang tua Corrie, Craig dan Cindy Corrie sedang berada di Israel terkait gugatan hukum mereka terhadap pemerintah Israel atas kematian Corrie, yang sudah masuk dalam tahap mendengarkan gugatan di pengadilan. Rachel Corrie adalah aktivis perdamaian dari organisasi International Solidarity Movement.Ia sedang berdiri di depan rumah seorang warga Palestina, untuk menghalangi tentara Israel yang ingin menghancurkan rumah itu. Tapi tentara Israel menabrak dan melindas Corrie hingga meninggal dunia.

International Solidarity Movement mengatakan, sekitar 50 warga Palestina, media massa dan aktivis internasional menghadiri peresmian nama jalan Rachel Corrie di kota Ramallah. Peringatan mengenang Rachel Corrie juga dilakukan oleh siswa sekolah menengah pertama di Tulkarim. Mereka melakukan aksi jalan kaki ke sebuah tugu peringatan tempat Corrie dilindas dan membuat proyek penelitian tentang kehidupan dan tragedi yang menyebabkan meninggalnya Corrie.

Dalam pidatonya, ibu Corrie menyatakan bahwa puterinya menjadi simbol perjuangan anti-penjajahan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada rakyat Palestina yang telah mengenal dan menyayangi Corrie selama tujuh tahun belakangan ini. Cindy Corrie mengatakan bahwa rakyat Palestina selalu memberikan dukungan padanya meski rakyat Palestina sendiri masih mengalami penderitaan akibat penjajahan Zionis Israel. (ln/imemc)

One response to “Rachel Corrie Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Ramallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s