Konferensi Gagal, Komunitas Gay Wisata Ke Malang


https://i0.wp.com/www.suaramedia.com/images/stories/2berita/1_3_nasional/wisata-malang_gl.jpg

SURABAYA – Sebuah bangunan rumah berlantai II di Jalan Mojo Kidul 1/11 A Surabaya sejak tiga tahun ditempati dan digunakan sebagai Sekretariat GAYa Nusantara. Selama ini, warga tidak tahu aktivitas mereka, hanya mengetahui keluar masuk laki-laki dan kadang perempuan. Warga pun siap mengusirnya.

Ketua RT 2 RW 5, Mojo Kidul, Pudjo Utomo mengatakan, pihaknya tidak tahu siapa yang menyewa rumah di nomor 11 A itu. Pihaknya juga tidak mengetahui apa pekerjaan penghuni rumah itu.

“Kita tidak tahu apa aktivitas mereka. Kita tidak tahu untuk tempat gitu-gituan. Penghuninya banyak keluar masuk berganti-ganti kadang ada laki-laki kadang perempuan, juga ada laki-laki berpakaian perempuan. Mereka sepertinya tidak bekerja,” kata Pudjo kepada wartawan di depan Sekretariat GAYa Nusantara, Jumat (26/3/2010).

Kehadiran komunitas gay, lesbian, biseks dan transgender, membuat kekhawatiran bagi warga sekitar, khususnya anak-anak mereka. Pudjo mengatakan pihaknya berencana untuk membubarkan mereka, namun sebagian warga tak menghiraukannya.

“Kita punya rencana agar mereka pindah dari sini. Warga juga resah. Bagaimana kalau anak-anak kita seperti itu. Tapi mau minta dukungan pada siapa. Sebagian warga tidak ada yang mau mendobraknya,” ujarnya. Setelah adanya kejadian penyegelan sekretariat GAYa Nusantara, kini pihaknya mulai lega, karena ada dukungan dari kelompok Forum Umat Islam (FUI) Jatim.

Bahkan kunci gembok pintu pagar dari massa FUI diberikan ke pihaknya. “Kuncinya saya pegang. Kalau mereka mau masuk, akan kita laporkan ke MUI, apakah diizinkan masuk atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, pemilik warung rujak yang berada di depan mulut Jalan Mojo Kidul I, mengaku penghuni di rumah nomor 11 A itu ramah. “Orangnya ramah sering menyapa kami. Kelihatannya laki-laki tapi bicaranya seperti perempuan. Kita tidak tahu kalau tempat itu dijadikan kantor,” tandasnya.

Sementara itu, kecaman atas rencana pelaksanaan International Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender dan Intersex Association (ILGA) ke-4 tetap berlanjut meski acara tersebut dipastikan batal.

Ketua DPR Marzuki Alie menilai acara yang sedianya berlangsung hari ini di Surabaya itu sebagai bentuk demoralisasi anak bangsa.

“Itu bagian dari proses demoralisasi anak bangsa,” kata Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Menurut Marzuki, kongres dengan peserta orang yang memiliki disorientasi seksual itu, bertentangan dengan falsafah Pancasila yang dianut negara Indonesia.

“Harusnya kita semua sepakat bahwa sebagai negara dengan falsafah Pacasila. Jelas sekali di sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, menolak dengan tegas acara tersebut,” kata Marzuki.

Sebelumnya, Konferensi Regional International Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, dan Intersex Association (ILGA) yang sedianya digelar hari ini (26/3), akhirnya gagal. Gagalnya acara tersebut setelah mendapat penolakan keras dan tidak turunnya izin dari kepolisian.

Namun berhubung peserta dari luar negeri telah berdatangan, akhirnya hanya menjadi wisatawan.

“Ya, akhirnya mereka menjadi wisatawan,” ujar Ketua Gaya Nusantara, Rafhael Dakosta tadi pagi.

Acara tersebut pun, yang menurut sejumlah kabar akan diadakan secara sembunyi-sembunyi, tidak dibenarkannya. “Nggak diadakan secara sembuyi-sembuyi juga kok,” imbuhnya.

Sementara ketika ditanya apakah acara pindah ke Batu, Malang, dan Jogjakarta, ia mengatakan, di dua tempat tersebut juga tidak mendapat izin dari kepolisian. Namun, tambahnya, sejumlah peserta telah berangkat ke Batu, Malang, dan Jogja sebagai wisatawan. (fn/d2t/hd/suaramedia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s