Surat Kabar Afrika Selatan Terbitkan Kartun yang Melecehkan Nabi Muhammad


Sebuah surat kabar Afrika Selatan pada Jumat lalu menerbitkan kartun yang menggambarkan dan melecehkan Nabi Muhammad sehingga menimbulkan kemarahan dari masyarakat Muslim Afrika dan menimbulkan ketakutan akan serangan pembalasan menjelang turnamen sepak bola Piala Dunia yang diharapkan dapat menarik ribuan warga dunia ke Afrika Selatan bulan depan.

Kartun ini di buat oleh seorang kartunis dari Cape Town Jonathan Shapiro, yang dikenal sebagai Zapiro. Dia menyebut kartun itu sebagai kartun yang “lembut”.

Surat kabar Mail & Guardian yang mempublikasikan kartun itu pada hari Jumat lalu (21/5) telah membangkitkan kemarahan dan kecamanan masyarakat muslim di Afrika selatan.

“Ini adalah kesekian kalinya musuh-musuh Islam dengan sengaja memprovokasi umat Islam dan memicu reaksi dari umat Islam,” kata pernyataan dari dewan muslim Afrika Selatan, yang mengadukan ke pengadilan untuk mencoba menghentikan surat kabar tersebut dari pencetakan kartun, namun tetap gagal menghentikan penerbitan kartun itu.

Radio Islam Afrika selatan melaporkan bahwa gelombang kemarahan umat Islam terjadi pada hari Jumat lalu.

“Umat islam sangat tersinggung dengan penerbitan sebuah kartun penghujatan di surat kabar Mail & Guardian yang dibuat oleh Zapiro,” kata stasiun radio Islam.

Namun editor surat kabar Mail & Guardian, Dawes Nick membela keputusannya untuk menerbitkan kartun yang melecehkan Nabi Muhammad SAW tersebut.(fq/iina)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s