Dua Jaringan Supermarket di Italia Boikot Produk Israel


Dua jaringan supermarket di Italia Coop dan Nordiconad menyatakan akan menyingkirkan produk-produk Israel dari rak-rak di toko mereka sampai akhir bulan Mei ini, dan setelah itu tidak akan menual lagi produk-produk buatan Israel.

Pernyataan kedua jaringan perusahaan grosir di Italia itu dimuat oleh situs Stop Camel-Agrexco, sebuah koalisi yang berbasis di Italia, yang mengampanyekan gerakan boikot terhadap perusahan pengekspor produk-produk pertanian dari Israel. Koalisi itu sejak bulan Januari lalu melobi perusahaan-perusahaan supermarket di Italia dan Perancis untuk tidak menjual produk-produk Israel dan keputusan dua jaringan supermarket di Italia, menurut koalisi tersebut, merupakan “kesuksesan yang penting bagi gerakan kampanye BDS (Boycott, Divestment and Sanctions)” terkait kebijakan-kebijakan apartheid Israel yang diberlakukan terhadap rakyat Palestina.

Mereka menegaskan akan memantau jaringan supermarket Coop dan Nordiconad untuk memastikan bahwa keduanya menepati janji dan mendorong agar para pelanggan supermarket itu ikut berpartisipasi dalam gerakan BDS, sebagai bentuk hormat terhadap hukum internasional, kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat Palestina.

Meski demikian, dalam pernyataannya, perusahaan grosir Coop mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk menelusuri produk mana saja yang benar-benar berasal dari wilayah pendudukan Israel di Tepi Barat. Masalahnya, perusahaan-perusahaan Israel di wilayah pendudukan menggunakan strategi dengan memanipulasi label tentang asap barang yang diproduksinya untuk menghindari gerakan boikot. (ln/hrtz/eramuslim)

2 responses to “Dua Jaringan Supermarket di Italia Boikot Produk Israel

  1. Info yg sangat menarik & selalu di nantikan info2 yg hangat berikutnya, barokallahu fikum.

  2. kapan ya diterapkan di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s