Assange Dibicarakan, Assange Diburu


Julian Assange mungkin menjadi orang yang saat ini paling banyak dibicarakan di dunia, namun juga sekaligus menjadi orang yang paling diburu oleh banyak negara.

Setelah Wikileaks-nya merilis ratusan kebocoran dalam espionase dunia, misalnya saja, Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap dirinya. Tampaknya Assange akan sulit sekali melakukan perjalanan ke luar negeri, sementara keberadaannya sendiri secara umum tidak diketahui.

Di Washington, Departemen Luar Negeri langsung memutus file komputer dari jaringan pemerintah. Menurut laporan beberapa pejabat, AS dan para pemimpin dunia berusaha untuk membersihkan diri dari kebocoran-kebocoran itu ke layar komputer di seluruh dunia.

AS secara signifikan mengurangi jumlah pegawai pemerintah yang bisa membaca pesan diplomatik penting itu.

Para pengacara di seluruh penjuru AS sendiri saat ini tengah mempelajari apakah Assange bisa dituntut ataukah tidak. Pejabat tersebut, tidak berwenang memberikan komentar publik, hanya berbicara tanpa menyebutkan namanya.

Assange atau orang lain yang terlibat dalam kebocoran itu mungkin bisa dituntut di bawah Undang-Undang Spionase, tapi bisa sangat rumit. Sebenarnya siapa dia dan apa situsnya? Assange sendiri menggambarkan dirinya sebagai seorang wartawan. (sa/guardian)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s