Non-Muslim Rusia Serbu Produk-Produk Halal


https://i1.wp.com/mediaumat.com/images/2011/januari/produk%20halal%20rusia.jpg

Menurut sebuah laporan, bahwa produk-produk halal di Moskow diserbu oleh para pembeli, bahkan ini tidak terbatas pada makanan saja. Sehingga keberadaan toko yang menjual produk-produk ini sangat populer di kalangan kaum Muslim dan non-Muslim di ibukota Rusia.

Pusat standar halal yang berada di bawah Dewan Mufti Rusia mengawasi standar pengendalian mutu sesuai dengan ketentuan syarian Islam, juga menerbitkan sertifikat halal, dan mengawasi penjualan produk.

Direktur divisi pengendalian mutu di pusat halal, Ja’far Aziz Baev mengatakan bahwa pasar halal tidak terbatas pada daging dan makanan saja, tetapi meluas ke produk-produk lain, seperti pakaian, kosmetik, dan obat-obatan, di samping bidang pariwisata, klinik, rumah bersalin, klub olahraga, dan bahkan sarana transportasi. Dikatakan bahwa baru-baru ini di Tatarstan diluncurkan produk “Taksi Halal”.

Ia mengatakan kepada situs “Al Jazeera Net” bahwa jumlah toko halal di Moskow saat ini mencapai tiga puluh toko, selain stand halal yang ada di department store. Padahal tahun lalu jumlahnya tidak lebih dari dua toko saja.

Ia juga menjelaskan bahwa volume produksi untuk “daging halal” selama tujuh tahun terakhir meningkat lebih dari seratus kali, di mana pada awal tahun 2010 mencapai ebih dari 7.000 ton, dibandingkan dengan tahun 2003 sekitar 70 ton. Dikatakan bahwa sebagian besar produk halal diekspor ke negara-negara Islam, terutama negara-negara persemakmuran yang merdeka.

Namun ia memperingatkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir banyak bermunculan produk-produk palsu yang dipromosikan dengan label halal.

Pembeli produk-produk halal ini tidak hanya kaum Muslim saja, tetapi juga non-Muslim. Marina Olexandrofna mengatakan bahwa sekalipun saya bukan Muslim, namun kehadiran produk makanan berlabel halal membuat saya merasa nyaman. Bahkan saya dan beberapa rekan saya sudah biasa membeli sebagian besar kebutuhan makanan kami dari toko-toko halal. Dan kami meminta agar jumlah produk-produk yang dijual terus ditingkatkan.

Direktur Biro Perencanaan Ekonomi Dewan Mufti di kota Clemolina mengatakan bahwa Dewan sedang mempersiapkan untuk menyelenggarakan pameran internasional terbesar untuk produk-produk halal pada bulan Mei mendatang. Targetnya adalah untuk menciptakan pasar Islam bersama, dan untuk meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga ekonomi Islam.

Dikatakan bahwa pameran internasional produk halal pertama telah diadakan di Moskow bulan Juni lalu. Dan menurut data para ahli, bahwa pasar halal di Rusia memiliki volume sekitar tiga miliar dolar dan diperkirakan akan meningkat sebesar 14% selama tahun ini (islammemo).

One response to “Non-Muslim Rusia Serbu Produk-Produk Halal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s