Muslim Cina Dapat Belajar di Sekolah Agama yang Ada di Turki


Direktur umum urusan agama Turki Mehmet Gormez bertemu dengan Hilaluddin Chen Guangyuan, presiden Asosiasi Islam Cina, di Ankara pada hari Kamis kemarin (17/2).

Gormez mengatakan dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan itu, “kami telah menetapkan hubungan kerjasama dengan 81 negara-negara Muslim dan banyak masyarakat sejauh ini, tetapi kami tidak memiliki hubungan dengan masyarakat Muslim di Cina. Sekarang, presiden Asosiasi Cina Islam yang mewakili 23 Cina Muslim juta orang telah berada di Ankara dalam kunjungan resmi. “

“Baik Turki dan Cina adalah negara-negara yang mewakili peradaban besar dalam sejarah mereka. Kami menandai ulang tahun ke-40 hubungan politik Turki-Cina. Hubungan politik dan ekonomi kami telah mendapatkan momentum dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

“Dalam pertemuan tersebut, kami sepakat bahwa mahasiswa Cina dapat mengikuti belajar di sekolah-sekolah tinggi agama dan fakultas teologi Islam di Turki. Kami juga sepakat bahwa kami dapat bekerja sama untuk meningkatkan hubungan antar-agama dan antar-budaya. Muslim Cina bisa mendapatkan keuntungan dari pengalaman Turki terkait tentang haji dan umrah,” tambahnya.

Guangyan, sendiri menggambarkan Turki sebagai negara yang indah dan tulus, menambahkan bahwa kunjungan mereka bertujuan untuk mengkonsolidasikan hubungan persahabatan antara kedua negara dan mengatur hubungan kerjasama dengan Urusan Agama Turki.

“Kami perlu bekerja sama dengan Turki khususnya dalam pendidikan dan haji”, katanya menegaskan.  (fq/wb)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s