Kelompok Islam Mengejar Kemenangan Lagi di Putaran Kedua Pemilu Mesir


Kelompok-kelompok Islam mencari keuntungan yang lebih banyak di babak kedua pemilu parlemen Mesir pada Rabu kemarin (14/12), dengan kubu liberal juga berjuang untuk merebut suara lebih banyak dalam sebuah transisi yang dipimpin militer yang dimulai dengan penggulingan Hosni Mubarak.

Ikhwanul Muslimin yang lebih moderat, kelompok Salafi serta sebuah faksi moderat memenangkan sekitar dua pertiga dari daftar suara di putaran pertama. Namun Ikhwan telah memberikan sinyalemen menginginkan koalisi yang lebih luas, tidak sempit harus dengan kelompok Islam, dalam upaya merancang konstitusi baru.

Pemilihan umum bebas pertama Mesir ini berlangsung dalam tiga tahap sampai Januari. Dan para jenderal yang berkuasa setelah pemberontakan berhasil menggulingkan Mubarak pada bulan Februari lalu tidak akan menyerahkan kekuasaan kepada sipil sampai setelah pemilihan presiden pada pertengahan 2012.

“Ini adalah pertama kalinya penghitungan suara kami,” kata Fatma Sayed, seorang pegawai pemerintah suara di Suez, mengingat pemilu selalu dicurangi di era 30 tahun kekuasaan Mubarak. “Kami ingin mempertahankan hak-hak kami.”

Para pemilih pada putaran kedua tampak tinggi dan TPS tetap terbuka selama dua jam ekstra hingga jam 9 malam waktu setempat.

Seperti dalam putaran pertama, pemungutan suara sebagian besar berlangsung damai, tapi dilaporkan ada aksi tembak-menembak antara pendukung kandidat yang saling bersaing dalam pemilu di TPS yang terletak di pinggiran Kairo, sumber keamanan mengatakan. Tidak ada korban yang tewas, namun tujuh orang telah ditahan. (fq/reu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s