New York bubarkan unit pemantau Muslim


bill-de-blasioMedia AS memberitakan bahwa ada sebuah Unit Demografi rahasia yang mengirim detektif berpakaian sipil untuk memata-matai umat islam dengan mendengarkan percakapan ditempat biasa umat islam berkumpul dan mendokumentasikannya.

Pasukan ini beberapa waktu yang lalu telah dituntut dalam gugatan hukum federal. Informasi tentang pasukan rahasia ini telah memicu kemarahan dari kelompok-kelompok yang membela hak sipil.

Dalam sebua dokumen dilaporkan bahwa hal tersebut memicu kaum Muslimin di AS tidak lagi mempercayai petugas penegak hukum

“Reformasi ini adalah langkah kritis untuk meredakan ketegangan antara polisi dan komunitas yang mereka layani, agar polisi dan warga negara kita bisa saling membantu mengejar penjahat,” kata Walikota New York Bill de Blasio dalam pernyataan tertulis.

Komisioner Polisi William Bratton melaporkan akan menghentikan program tersebut. Keputusan itu diambil karena dipandang sebagai langkah untuk menjauhkan diri dari praktek-praktek pengumpulan intelijen pasca serangan 11 September.

Sebelum dihentikan, Unit yang telah beroperasi sejak 2003 dan kemudian dinamakan Unit Pengawasan Zona itu telah mencatat dimana Muslim bekerja, berbelanja, makan dan sholat.

“Unit Demografik membuat ketegangan psikologis di komunitas kami,” kata Linda Sarsour dari Asosiasi Arab Amerika di New York kepada harian New York Times. /MU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s