Film Sang Dokter [Ibnu Sina]


Film The Physician Ibnu SinaPada tahun 2013 kemarin ada sebuah film menarik untuk dicermati. Yaitu Film The Physician. Film ini diangkat dari sebuah novel dengan judul sama, The Physician. The Physician adalah novel tentang seorang anak laki-laki dari Inggris yang bepergian dari Eropa sampai ke Persia untuk belajar ilmu kedokteran dengan Ibnu Sina (Avicenna). Novel ini tidak digemari di Amerika, tapi selalu sold out di Eropa terutama di Jerman dan Sepanyol. Karena kepopuleran novel ini di Eropa maka dibuat sebuah film yang basis produksinya di Jerman. Judulnya dalam bahasa jerman menjadi Der Medicus.

The Physician atau Sang Dokter menceritakan kehidupan seorang pemuda Inggris beragama Kristen yang pada abad ke 11 berpetualang melintasi benua Eropa untuk belajar ilmu medis dari komunitas muslim.

Tokoh utamanya Rob J. Cole adalah yatim piatu dari Inggris, yang ingin membantu menyembuhkan orang sakit mengetahui bahwa seorang Kristen tidak diperbolehkan belajar di Isfahan. Maka ia menyamar sebagai Yahudi untuk memperbesar kesempatannya belajar dari Avicenna dari Persia.

Ya, sekitar periode 1100-an ilmu kedokteran berkembang lebih dahulu serta lebih testruktur dari wilayah Eropa Timur sebagai bagian dari kerajaan Persia dan dimotori oleh komunitas muslim. Salah satu tokoh ternamanya adalah Ibnu Sina (Avicenna) dengan buku Canon of Medicine-nya yang merevolusi bagaimana proses pembelajaran kedokteran.

Avicenna juga mengajarkan filsafat yang banyak dirujuk oleh etika kedokteran serta konsep-konsep bioetik modern. Terbukti pada novelnya diceritakan Rob J Cole setelah menjadi dokter kemudian kembali ke London, menjadi seorang yang jauh lebih empatik dan rendah hati. Utamanya menyadari bahwa kemampuan untuk “menyembuhkan” yang sakit hanyalah titipan dari Tuhan.

Film, seperti juga novelnya; The Physician merupakan salah satu pengakuan barat akan kejayaan islam pada masa Kekhilafahan.

Walaupun demikian The Physician bukanlah film yang didasari dari fakta. melainkan hanya film fiksi dari Novel Laris di Inggris.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s