Partai An-Nur dipermalukan As Sisi Setelah Menyatakan Dukungannya


Partai An Nur Mesir

Analisis berita media Inggris tentang dialog calon presiden Abdul Fattah al-Sisi pada Channel “CBC” bahwa Sisi akan mendepak kelompok Salafi yang mendukung rezim kudeta, serta menyatakan dukungannya dalam pemilihan presiden, dua hari sebelum dialog ini.

Situs berita Inggris “Middle East” mengutip dari Sisi yang mengatakan: “Partai Salafi An-Nur tidak diperhitungkan sedikitpun.” Ia juga mengatakan bahwa Konstitusi yang telah disetujui oleh Partai Salafi An-Nur sendiri melarang partai-partai berasaskan keagamaan.

Berdasarkan pernyataan tersebut, situs mengatakan bahwa setelah Sisi menjadi presiden Mesir tidak akan membiarkan partai apapun yang berasaskan keagamaan, termasuk partai Salafi An-Nur. Dikatakan bahwa Sisi menempatkan partai Salafi An-Nur dalam posisi sulit, setelah baru-baru ini partai Salafi An-Nur mengumumkan dukungannya terhadap pencalonan Sisi dalam pemilihan presiden.

Situs mengutip dari partai Salafi An-Nur terkait alasannya yang menyerukan untuk memilih Sisi bahwa pada saat ini Sisi yang paling tepat. Juga pernyataan partai pada hari Sabtu lalu, yang menyerukan para pendukung kedua kandidat untuk senantiasa menjaga identitas bangsa.

Situs menjelaskan bahwa partai An-Nur di era Presiden Muhammad Mursi adalah partai yang paling kental identitas Islamnya. Dimana partai bersikeras pada beberapa pasal yang menjelaskan pasal Syariah dalam konstitusi 2012. Bahkan dalam hal ini partai An-Nur lebih peduli dari partai Kebebasan dan Keadilan, yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Namun, menurut seorang ahli politik Islam, Ahmad Milud dalam dialog dengan “Middle East”: “Partai Salafi An-Nur tidak berdaya menghadapi insiden-insiden politik, berbeda dengan Ikhwanul Muslimin yang memiliki sejarah panjang menghadapi rezim penguasa, sehingga partai kelompok Salifai ini berusaha menghindar dari melawan rezim penguasa.” (islammemo.cc, 7/5/2014).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s